Saturday , 4 July 2015
Home » Pengadaan Barang/Jasa » Cara MUDAH Memahami APENDO Versi 3.1 Untuk Memasukan Dokumen Penawaran
Cara MUDAH Memahami APENDO Versi 3.1 Untuk Memasukan Dokumen Penawaran

Cara MUDAH Memahami APENDO Versi 3.1 Untuk Memasukan Dokumen Penawaran

Dibaca : 44025

LOMBOK – Pengalaman kami sebagai Pengelola Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sering kali menjumpai hal-hal yang sama sekali tidak diinginkan oleh semua pihak (Pengelola LPSE, Panitia maupun Penyedia/Rekanan). Apa itu? yakni ada file penawaran dari Rekanan/Penyedia yang tidak bisa didownload atau dibuka. Hal ini boleh dikatakan “JANGAN SAMPAI TERJADI”.

Namun kenyataannya, ada saja yang mengalami demikian. Panitia melaporkan ke kami, bahwa ada file dokumen penawaran yang ga bisa didownload atau dibuka.

Langkah yang kami ambil selaku Pengelola LPSE, yakni mencoba download file tersebut dan mencoba untuk membuka melalui deskripsi file. Jika hal ini tidak membuahkan hasil, maka dengan terpaksa kami harus mengirim file tersebut ke LKPP untuk diteruskan ke Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk diuji forensik.

Uji forensik oleh LEMSANEG bisa memakan waktu satu minggu, dua minggu atau lebih dari sebulan, sangat tergantung dari keluangan waktu Pegawai LEMSANEG. Menunggu itu pekerjaan yang sangat membosankan.

Jika hasilnya file dapat dibuka oleh LEMSANEG, maka penawaran dinyatakan dapat mengikuti proses lelang selanjutnya, namun jika tidak sesuai Perka LKPP No. 1 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elaktronik (e-proc), maka penawaran dinyatakan GUGUR sesuai rekomendasi LKPP.

Dari berbagai pengalaman dan keluhan dari Pengguna SPSE, LKPP dan LEMSANEG telah meluncurkan Apendo Versi 3.1 yang telah ditanamkan beberapa fitur tambahan untuk dapat semakin mempermudah dari Pengguna SPSE.

Namun dari pantauan kami di lapangan, masih banyak Pengguna SPSE yang bukan mengerti tetapi tambah bingung tentang bagaimana cara menggunakan Apendo Versi 3.1.

OK dari kondisi di lapangan seperti itu, saya ingin sedikit demi sedikit menjelaskan penggunaan Apendo Versi 3.1

1. Masuk ke Apendo Versi 3.1 REKANAN

– Download aplikasi Apendo versi 3.1 di Halaman Awal LPSE Kabupaten Lombok Tengah.
– Ekstrak file kemudian buka folder.
– Cari folder “bin” dan temukan file “apendo”, klik 2 kali.
– Akan tampil halaman login. Pada tahap ini, Anda dapat mempelajari aplikasi dengan menekan tombol F1.
– Login dengan UserID : lpselkpp dan Password : rekananlpse
– Pada saat ini Anda diminta untuk mensetting UserID dan Password sesuai keinginan Anda.
– Anda juga diminta untuk memasukkan IDENTITAS DIGITAL.

2. Enkripsi Dokumen Penawaran

– Setelah login, ada diharuskan mengumpulkan semua dokumen penawaran ke dalam 1 (satu) folder.
– Pilih folder penawaran tersebut.
– Pilih tombol “Enkripsi data”.
– Aplikasi meminta masukan Kunci Publik.
– Copy Kunci Publik dari Paket Lelang di LPSE.
– Paste ke kotak yang terbuka di aplikasi Apendo.
– Proses akan menghasilkan tampilan yang sebenarnya dimaksudkan untuk mempermudah pengguna SPSE.

3. Cek Hasil

– Salah satu kelebihan dari Apendo Peserta Versi 3.1 adalah memiliki tahap pengecekan proses enkripsi dan dekripsi. Ketika proses enkripsi yang Anda jalankan berhasil, berarti file rhs dapat dipastikan dapat dibuka/didekripsi kembali.
– Untuk melihat file hasil pengecekan tersebut, klik teks berwarna biru pada baris pertama di Catatan proses.
– Nilai Hash File sangat penting untuk mengecek integritas atau keutuhan data. Adanya nilai hash file ini dapat memberikan informasi apakah file rhs yang diupload mengalami kerusakan atau tetap utuh pada saat upload ke server LPSE. Anda dapat melihat langsung nilai hash dari file rhs di Catatan Proses.
– Agar Anda tidak salah mengambil file rhs yang akan diupload, Apendo Peserta versi 3.1 memberikan informasi lengkap tentang lokasi penyimpanan file rhs hasil proes enkripsi. Pastikan Anda mengetahui ID Lelang yang Anda ikuti dan kemudian Anda mengupload file rhs ini dengan benar.

4. Selesai

– Jika langkah-langkah tersebut di atas telah dilakukan dan masih panitia masih belum bisa membuka file, berarti ada kendala koneksi pada saat upload, karena ini juga sangat mempengaruhi kondisi file nyampe ke server.
– Saran kami selaku Pengelola LPSE, untuk mempercepat proses upload dokumen penawaran, disarankan untuk mengupload melalui Bidding Room yang telah disediakan di LPSE. Gratiss koq, karena ruang tersebut juga dibangun menggunakan uang rakyat.
– Terakhir, jangan lupa awali langkah mengikuti tender e-proc dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim (Bagi yang beragama Islam) dan BERDO’A, agar jika Penawaran Anda dinyatakan menang, Menang dengan keberkahan.
– Semoga berhasil.

Akhirnya tulisan saya ini berakhir juga, semoga bermanfaat.

47 comments

  1. Terima kasih atas petunjuknya mas *****. Sangat berarti sekali bagi saya. Semoga tercatat sebagai amalan dan mendapatkan pahala oleh Alloh SWT.

  2. Amin, mudah-mudahan menambah pencerahan. Jika masih mengalami kesulitan, kami senantiasa membuka layanan konsultasi. Kami hari Rabu (5-12-2012) akan melakukan pelatihan di R. Rapat Bag. AP.

  3. Abu Rizal Azhar

    Terima kasih atas petunjuknya pak,, yang ingin kami tanyakan adalah file identitas digital perusahaan saya tidak bisa terbaca,, karna mungkin pada saat saya setting Pasword lama dan pasword baru. akhirnya identitas digital perusahaan saya tidak bisa terbaca. terakhir dikatakan harap menghubungi help desk. Trims

    • Coba ulangi dari awal aja Pak, hapus folder Apendo-nya dan ekstrak ulang file hasil download awal, dan ulang proses login sampai dengan penggantian password. Mohon diingat juga, misalnya nanti dikemudian hari Bapak lupa dengan Password yang Bapak buat. Hapus aja semua folder, atau hapus 2 file aja yakni “VendorID” dan “AELConfig” yang terletak di folder /bin/imageformat. Trus klik “apendo” Bapak login lagi dan ulangi setting untuk Apendo perusahaan Bapak. Terima kasih, semoga bermanfaat.

  4. pak saya mau tanya mengapa setelah saya download apendo versi 3.1 , saya tidak bisa membukanya setelah saya ikuti langkah-langkah di forum ini,, tulisannya bahwa “apendo tersebut tidak bisa dieksekusi” ada lambang segitiga & tanda seru, saya memakai windows XP apakah berpengaruh atau file apendo yang saya download rusak/tidak lengkap ??

  5. mau tanya teman,,berapa mb kecepatan koneksi internet untuk apload dokumen 200mb untuk penawaran di lpse?mohon petunjuknya.soalnya saya sudah coba apload dokumen lpse 170mb tp gagal apload terus

  6. Saya mau bertanya gimana cara mengembalikan data yang sudah di enkrip dengan software ini soalnya katanya data nya tidak bisa sebagian
    jadi saya mau buka file yang saya buat emang benar tidak semua filenya bagus lagi
    trims..

  7. Petunjuknya sangat jelas dan gamblang, mudah-mudahan tdk sulit dipelajari, terima kasih semoga Allah swt memberkahi kita semua.

  8. klo kita pilih apendo.exe tapi tdk muncul di layar/monitor, kenapa ya?

  9. sangat bermanfaat bagi pemula kyk saya..thanks..

  10. mas? identitas digital itu apa maksudnya?
    tolong share ya..

    • Identitas Digital dapat dilihat diakun Penyedia di SPSE. Identitas Digital itu semacam tanda tangan Penyedia tetapi secara elektronik. Makanya walaupun surat penawaran itu tidak ditandatangani basah, tetap sah karena sudah punya Identitas Digital.

  11. gmn caranya klo kita lupa pasword

    Jawaban :
    Kalau yang Bapak maksud adalah lupa password di Apendo,
    cara paling mudah adalah download Apendo ulang.
    Namun jika lupa password SPSE, tinggal Klik Lupa Password dan
    masukkan email pada saat mendaftar, atau hubungi Helpdesk LPSE
    dimana tempat Bapak mendaftar/verifikasi data SPSE.

  12. mas saya mau tanya :
    1. apakah dokumen penawaran teknis perlu kita susun (urutkan) atau cukup masukkan dalam satu folder penawaran teknsi

    2. begitu juga penawaran harga apakah harus kita susun atau masukkan dalam satu folder saja (folder dokumen penawaran harga)

    JAWABAN :

    Tidak perlu pak, asal nama file menggambarkan jenis file. Jangan misalnya nama file itu : file.pdf, file1.pdf

  13. mau tanya pak, bagaimana cara mendapatkan User ID dan Passwords Apendo Rekanan?
    meskipun kita bisa gunakan ID & Pass Default (ID : lpselkpp, Pass : rekananlpse)

    • Setelah download apendo isi dengan user id dan paswd tersebut terus ganti paswdnya sesuai dengan keinginan anda. yang penting untuk paswd harus diisikan huruf dan angka.userid dan paswd gak boleh sama.

  14. mas APENDO, mau tanya nih, kenapa pertanyaan2 yang kami ajukan jarang ada yng dijawab?? pdhl kami sangat membutuhkan jawabannya. jagn2 mas APENDO jawab “********?????” trim..

    • Mohon ma’af yang sebesar-besarnya atas keterlambatan kami menjawab. Apabila ada hal yang masih kurang jelas, dapat ditanyakan langsung ke Call Center kami : 081907003599 (XL). Terima kasih

  15. Apa penyebabnya saya terjadi gagal upload berulang kali data yang sdh dienkripsi (*rhs). Padahal tidak ada masalah jaringan internet & waktu masih tersisa panjang dari waktu penutupan upload penawaran.

  16. met malam,

    mo nanyak, kenapa setela mendownload apendo v 3.1.2. setelah diextrak file apendo. exe. nggak bisa buka/gagal/incorect…

    terima kasieh

  17. mas bro apendo mau tanya nih,,, kunci publik itu apa dan dapatny dari mana?

  18. APENDO 3.1.2 hanya untuk windows 7. masa gk bisa yang XP. tolong di rubah lagi. kenapa yg versi 2.2 malah gk dipakai lagi. untuk XP itu bsa d pakai.

  19. selamat malam.. saya mau bertanya ttg “lupa password” setelah mengklik “lupa password” akan ada isian user id dan email. nah pada email nantinya akan dikirim user id dan password berbentuk [B@…… apakah semua elemen dicopas pd form password login penyedia? tks,

    • Malam juga @putri, benar sekali semua karakter password yang tercantum di email, dicopas ke halaman login penyedia di portal LPSE, termasuk [B…

  20. Kepada Appendo, Yth
    Saya sudah berulang kali untuk menginstal Appendo versi 3.1.2
    kenapa selalu gagal dan keluar keterangan seperti ini “This application has failed to start because the application configuration is incorrect .
    Reinstalling the application may fix this problem”
    apakah yg harus kami lakukan
    Terimakasih

  21. Appendo Yth, kami panitia mendapat keluhan dr satu penyedia barang.
    Keluhannya adalah Penyedia Barang sudah upload file penawaran harga, dimana file mereka sudah masuk ke server LPSE tapi di web LPSE tidak muncul.
    Pertanyaannya apakah file tsb sama panitia bisa diakses/diambil ke LPSE atau LKPP?
    Terima Kasih banyak.

  22. mf pak admin. mau tanya ni. untuk dapatkan kunci public paket itu bagai mana?? tolong jelaskan lankah-langkahnya, sertakan dengan gambar. trima kasih.
    balas ke email saya:muswoga@ymail.com

  23. maaf sy mo tny,.tentang penjelasan tentang:
    ” Jika hasilnya file dapat dibuka oleh LEMSANEG, maka penawaran dinyatakan dapat mengikuti proses lelang selanjutnya, namun jika tidak sesuai Perka LKPP No. 1 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elaktronik (e-proc), maka penawaran dinyatakan GUGUR sesuai rekomendasi LKPP.”
    Kejadian trsbt terjadi pada LPSE Nganjuk JATIM,tetapi file dok.penawaran hsil enskripsi yg tdk trbaca/terbuka tdk dianggap gugur,malah lelang di ulang meskipun ada lebih dari 5 penawar yg sukses masuk,……Kl sdh begitu bagaimana???????sbtulnya msih ada kejanggalan lainnya,tp kita coba tny yg itu dulu saja…trims atas penjelasannya…

  24. Saya ingin menanyakan, Setelah aplikasi APENDO saya download kemudian saya operasikan sedikit terbentur dengan ID & pasword.
    Jadi kalau kita mau login ke APENDO ID & pasword yg mana kita gunakan pak, kebetulan belum ernah pak login ke aplasi APENDO
    Mohon penjelasanya pak
    Trimahkasih.

  25. ass.. pak
    saya mau tanya mengenai LPSE, kami sudah mengikuti petunjuk yang biasa kita gunakan untuk meng uploud penawaran…ada disuatu intansi Pemerintah yang tidak habis pikir apa iya data yang kami dh kirim ternyata tidak masuk dan disana hanya isian kualifikasi saja yang ada, sdgkan penawarannya tidak ada.
    kami mengikuti pelelangan ini dengan syarat diharuskan mengunakan dukungan barang berupa jaminan dari distributor. dan kami tahu bahwa yang mendapatkan surat dukungan hanya 4 perusahaan saja yang mengambil dari sana.kemudian dari ke 4 perusahaan ini mengikuti tender dan emasukan penawaran kesan dengan bukti hasil uplotan yang diteruima dari LPSE..
    yang menjadi pertanyaan kami kenapa diapanitia hanya menyebutkan hanya 2 perusahaan saja yang measukan penawaran….padahal ada 4 perusahaan yang memasukan penawaran pada saat itu..dan dilanjukan dengan lelang ulang oleh panitia.
    kemudian kami mengikuti lelang ulang yang kedua..tetapi kejadian ter ulang kembali dengan email yang kami teriam bahwa panitia mengumumkan bahwa lelang batal dikarenakan tidak ada perusahaan yang memasukan penawara…padahal kami memasukan sama seperti kearin…aneh, aneh..
    kenapa bisa demikian pak..terimaksih.

  26. Wah menarik juga artikel lpse ini. Sangat informatif. Thxs

  27. Informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih :)

  28. boleh ikut pelatihan tanggal 12 bang, terus daptarnya dimana

  29. lalu Hasbullah

    Kalau email perusahaan tidak bisa dibuka, apakah email perusahaan yang terdapat di LPSE bisa diganti ?
    Mohon Jawabannya, terima kasih sebelumnya

  30. Bisakah format video diupload dengan menggunakan apendo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>